Metode Pembelajaran Di Era Digital

0 Comments

gambarrumah.info – Beberapa waktu silam, siswa hanya dapat belajar dengan guru dan buku. Metode pembelajaran yang digunakan pun membuat siswa jenuh dengan pelajaran yang ada di sekolah. Namun seiring dengan perkembangan zaman saat ini Sistem pembelajaran memanfaatkan teknologi .

 

Tidak dipungkiri memang saat ini kita memasuki era digital. Dimana segalanya serba mudah, cepat dan juga instan. Banyak orang yang lebih banyak menghadap smartphone dari pada buku. Para siswa dapat mengetahui berbagai informasi hanya dengan membuka internet di smartphone mereka. Dan hal tersebut sudah menjadi kebiasaan yang umum.

 

Banyak hal positif yang dapat kita rasakan di tengah perkembangan teknologi ini. Pekerjaan guru semakin mudah dan murid-murid juga lebih mengetahui banyak hal melalui internet. Namun tidak sedikit juga hal negatif yang ditimbulkan dari perkembangan pendidikan di era digital ini. tidak sedikit murid-murid yang menyalahgunakan smartphone mereka untuk membuka informasi yang belum sesuai umur mereka.

 

Apalagi pelajar yang usianya masih dibawah umur. Hal tersebut menjadi kekhawatiran tersendiri bagi orang tua maupun guru di sekolah. Dampak lain dari memanfaatkan internet untuk sistem pembelajaran bahwa murid akan menjadi pribadi yang egois dan kurang peduli dengan lingkungan mereka karena waktu mereka tersita untuk memandang smartphone.Berikut ini cara memaksimalkan belajar dengan memanfaatkan teknologi :

 

1. Kurangi Metode ceramah

Dalam pembelajaran satu arah dimana guru hanya menjelaskan materi secara panjang membuat anak menjadi bosan dan mudah mengantuk. Para guru harus mengurangi metode ceramah satu arah diganti dengan diskusi untuk memecahkan rasa penasaran mereka dari apa yang telah mereka ketahui. Hal tersebut dapat membentuk karakter anak untuk saling berargumentasi sehingga tidak anti keberagaman.

 

2. Fokus pada pembelajaran seumur hidup dan bukan untuk ujian

Pembelajaran yang disampaikan kepada siswa biasanya terfokus pada pelajaran yang akan dimasukkan pada ujian. Padahal hal tersebut membuat anak cepat lupa. Sistem yang harus diterapkan saat ini adalah menerapkan pembelajaran yang mengenang seumur hidup mereka.  para guru harus dapat membuat anak didiknya hobi membaca, menulis dan belajar bukan hanya mengetahui.

Karena pembelajaran yang dijelaskan agar anak tahu tentang suatu hal dapat mereka cari di internet. Mereka harus dibiasakan untuk belajar dan tidak hanya diberi pengetahuan. Mereka harus hobi menulis agar dapat menuangkan pikirannya. Mereka harus membaca agar dapat menerima informasi dengan baik

 

3. Didik anak untuk saling bekerjasama dan berkolaborasi

Anak saat ini cenderung individualisme karena merak terlanjur nyaman dengan smartphone mereka dan kurang peduli dengan lingkungan. Dalam pembelajaran di sekolah mereka harus sering diajak untuk bekerja sama satu sama lain dan berkolaborasi untuk menyatukan perbedaan pikiran mereka. hal itu penting dilakukan agar anak dapat terbentuk karakter peduli terhadap sesama dan lingkungan sekitar

 

4. Ubah Konsep transfer pengetahuan dengan konsep kesahihan

Saat ini kebanyakan metode pembelajaran hanya dengan transfer pengetahuan dari yang dijelaskan guru ataupun dari pengetahuan sesuai dengan pendapat masing masing siswa. Dan saat ini hal tersebut harus diubah dengan konsep keshahihan yaitu benar-benar menggali informasi an pengetahuan secara terstruktur agar terhindar dari hoaks mengingat banyak yang percaya akan suatu informasi tanpa dicari tau kebenarannya.

 

5. Metode pembelajaran kreatif dengan memanfaatkan internet

Pembelajaran yang kreatif membuat anak menjadi tertarik untuk belajar dengan memanfaatkan perkembangan saat ini guru dapat membuat pembelajaran kreatif. Misalnya membuat video untuk menjelaskan materi, memposting materi pada web dan lain-lain.  Dan apabila mencari ilmu dan pengetahuan yang lengkap guru dan anak dapat mengunjungi website gurupendidikan.co.id disini tersedia berbagai ilmu mulai dari jenjang SD, SMP, SMA SEDERAJAT, S1 dan S2. Sangat menarik bukan? Hal tersebut wajib kita manfaatkan untuk menunjang  pembelajaran anak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *